Mencari Tujuan Hidup

Author: rahman.dheone // Category:
Kurang lebih seminggu aku berada jauh dari rumah.Waktu yang sangat singkat bagiku untuk belajar mencari tujuan hidupku.aku ada ditempat dimana orang berusaha dan berupaya sendiri untuk menghidupi kehidupan mereka.Didalam perjalanan aku melihat beberapa orang dengan kondisi badan yang "tidak baik", mereka mencari nafkah dengan cara mereka sendiri, ada yang rela memperlakukan keadaan yang tidak baik pada mereka dengan situasi keadaan yang lebih parah lagi (mengemis, meminta tanpa ada upaya, tanpa ada usaha dan kerja), mereka hanya mengharapkan belas kasihan dari orang sekitarnya

Tapi mau bagaimana lagi, aku juga tidak bisa melarang, menyuruh mereka untuk meninggalkan pekerjaan tersebut. Hidup mereka susah dan mereka bingung harus bagaimana lagi cara untuk mempertahankan hidup selain dengan cara seperti itu.Bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang cukup layak harusnya merasa lebih bersyukur karena mereka tidak menjual harga diri mereka yang membuat mereka tidak dihargai lagi.

Di tengah perjalanan aku melihat berbagai macam cara orang untuk mempertahankan kehidupan mereka. mengamen dengan gitar dan gendang, dengan cara menyanyi dan dengan cek ecek ( kayu di tambah tutup botol yang ada di minuman terus di paku di kayunya, hingga menghasilkan suara dari situ), menjual makanan, minuman, pulsa yang lebih patut dikasihani adalah orang dengan cacat fisik mereka melakukannya dengan cara meminta - minta (mengemis). suatu cara mereka mencari tujuan hidup, menurut mereka ya..inilah tujuan hidup mereka yakni mempertahankan kehidupan mereka dengan cara yang bisa mereka lakukan walaupun banyak yang menganggap hina dengan kerjaan mereka. selama mereka bisa bertahan hidup hingga waktu yang di tentukan (yakni ajal yang menjemputnya), ya menurut mereka tujuan hidup mereka sudah tercapai..

Beda orang, Beda status maka beda pula dengan tujuan hidup dari masing - masing pribadi. Dengan melihat kehidupan dari mereka aku jadi banyak belajar walaupun sebentar aku mencoba untuk memahami dan mengambil pelajaran dari kehidupan mereka. walaupun susah dan dengan keterbatasan mereka masih bisa survive dan tetap melanjutkan tujuan hidup mereka. mereka seperti orang yang tidak pernah menunjukkan sikap gampang menyerah mereka yang ujung - ujungnya mengambil jalan pintas yakni membuat mereka lepas dari beban untuk selamanya.

ada sebagian orang yang seperti itu, temanku karena sering mendapatkan masalah yang berat dia termasuk orang yang broken home. menenangkan diri dengan hal2 yang negatif sehingga membuat kondisi badan dia seperti orang yang cacat fisik. badan mereka rusak, otak mereka buntu karena mereka mengkonsumsi benda - benda terlarang tersebut.

ya...hidup itu sebuah pilihan dan tergantung bagaimana kita menyikapi dan mengaplikasikannya. kita berhasil bukan karena orang lain tapi ya tergantung dari kita sendiri. kemana kita dibawa pada akhirnya. dan yang memiliki rencana itu hanyalah kita.

0 Responses to "Mencari Tujuan Hidup"

Post a Comment